Selasa, April 7

The Ten Laws of Leadership

1. Pemimpin Mempunyai VISI. Visi selalu membakar semangat

kepemimpinan yang dinamis. Winston Churchill mengatakan “kerajaan di masa depan merupakan kerajaan dari pikiran-pikiran”. Penglihatan yang buruk akan membatasi gerak seseorang, tetapi visi yang buruk akan mempengaruhi perbuatannya. Visi tidak akan punya kekuatan, tenaga atau pengaruh kecuali jika disebarkan oleh orang yang mempunyai visi itu sendiri kepada orang lain.

2. Pemimpin Mempunyai DISIPLIN. Tidak ada yang berharga tanpa adanya disiplin. Pemimpin dihadapkan kepada 2 pilihan, yaitu antara dia harus disiplin dengan diri sendiri atau dia akan diatur orang lain. Dia juga tahu harus tahu cara kerja yang efektif untuk mencapai keunggulan. Untuk mencapainya diperlukan adanya disiplin, sebab keunggulan tidak dapat dicapai dengan cara memimpin hanya berada di belakang tetapai harus memimpin dari depan.

3. Pemimpin Mempunyai KEBIJAKAN. Kebijakan adalah kemampuan untuk menggunakan pengetahuan dan pengalaman dalam segala situasi. Contoh bagaimana pemimpin harus bertindak dalam mengambil kebijakan dalam situasi sulit. Ada 2 orang bernama katakanlah bernama Bush dan Osama yang sedang berjalan bersama di hutan. Lalu muncullah seekor singa secara tiba-tiba. Bush kanget dan terpaku. Sedang Osama cepat melepas sepatu boot-nya diganti sepatu lari. Melihat tindakan Osama itu, Bush berkata, hei kamu tidak akan bisa lari lebih cepat dari kejaran singa. Osama pun menjawab, tentu saya tidak perlu dapat mengalahkan singa tetapi saya perlu mengalahkanmu untuk lari. Artinya……, jika Osama lari lebih jauh sekalipun pelan, maka singa akan mendapatkan Bush untuk diterkem sebab Bush berada lebih dekat dengan singa…. Tentu saja di sinilah perlunya pemimpin harus dapat mengambil kebijakan (decission) maksimal yang ia bisa per buat dalam situasi sesulit apapun yang dihadapi.

4. Pemimpin Mempunyai KEBERANIAN. Keberanian bukanlah tidak adanya rasa takut, tetapi kemampuan untuk menanggulanginya. Pemimpin harus memimpin dari depan bukan dari belakang, ia harus mampu menghilangkan kecemasan bawahannya, ia harus dapat mengendalikan ketakutan karena ketakutan adalah awal kegagalan.

5. Permimpin Harus Bersikap RENDAH HATI. Suatu hal yang pasti ada dalam diri orang yang hebat adalah kerendahan hatinya. Pemimpin yang yakin akan kemampuannya tidak perlu menutup diri. Pemimpin yang efektif selalu berorientasi pada timnya, menjadi pendengar yang baik.

6. Pemimpin Adalah Seorang PENGAMBIL KEPUTUSAN. Anda merupakan hasil pilihsn anda sendiri. Kehidupan seseorang merupakan hasil pilihan-pilihannya sendiri dalam hidup. Jika seseorang tidak mengambil keputusan, maka ia tidak melakukan apapun.

7. Pemimpin MENGEMBANGKAN PERSAHABATAN. Kita memerlukana seseorang untuk diajak berbicara. Tidak ada orang yang bisa hidup sendiri. Keberhasilan suatu kehidupan tergantung dari dukungan dan bantuan orang lain. Tidak ada yang dapat hidup sukses hanya dengan dirinya sendiri. Henry Ford mengatakan “kawan terbaik saya adalah orang yang membuat saya menjadi yang terbaik”. Bagaimana cara mencari kawan? Belajarlah terus menerus untuk melakukan dan mencoba: jadilah orang yang disukai orang lain; ambil inisiatif – begitu ada kesempatan perkenalkanlah diri anda lebih dahulu; pastikan anda mengetahui nama orang lain dengan benar dan anda pun diketahui olehnya dengan benar pula; jangan mengharap kesempurnaan kawan anda; temukan sisi baik untuk dihargai dalam diri seseorang; berlatihlah untuk melakukan percakapan; dan berusaha untuk selalu berlaku sopan dalam setiap kesempatan.

8. Pemimpin Berlatih MEMAHAMI SITUASI dan DIPLOMASI. Jangan memimpin tim anda dengan kekerasan. Berilah mereka impian dan bantu untuk mencapainya guna membangun loyalitas mereka kepada anda. Caranya? Usahakan Anda selalu berusaha membantu mereka sampai dapat menyelesaikan pekerjaannya; adakan pelatihan; dapatkan bantuan tambahan; sediakan peralatan (prasarana dan sarana) sebaik mungkin; cari jalan untuk dapat membantu mereka; ciptakan suasana kerja yang menyenangkan dan nyaman; sebelum menjadi besar – segera pecahkan atau carikan solusinya terhadap masalah-masalah kecil yang anda hadapi.

Pemimpin harus memberi semangat dan tim yang sukses selalu kompak. Untuk perlu mengetahui karakter orang lain yang menjadi bawahan atau mitra anda, seperti misalnya mengetahui karakternya apakah ia termasuk tipe orang yang:

(1) sanguinis (kelebihan a.l: banyak bicara, terbuka, semangat, hangat bersahabat, menarik/kelemahan a.l: kemauan lemah, tidak stabil, tidak disiplin, mementingkan diri sendiri, suka membesar-besarkan masalah, tidak bisa diandalkan;

(2) koleris (kelebihan: kemauan kuat, tegas, mandiri, optimis, produktif,bertindak cepat, pemimpin, percaya diri/ kelemahan: pemarah, kejam, keras, kasar, mendominasi, tidak perlu orang lain, rakus.).

(3) plegmatis (kelebihan: tenang, pelit, mudah bergaul, tergantung orang lain, efisien, kuno, pemimpin, penuh humor/ kelemahan: penakut, tidak cepat bertindak, penonton, menjaga diri sendiri, mementingkan diri sendiri, tidak punya motivasi; dan

(4) melankolis (kelebihan: berbakat, analis, perasa, idealis, menghargai keindahan, suka berkorban/ kelemahan: berorientasi pada diri sendiri, merasa tertekan, teoritis, tidak praktis, tidak sosial, dendam dan kaku).

9. Pemimpin Mengembangkan KEMAMPUAN EKSEKUTIF.. Untuk membuat impian yang lebih baik, anda harus membuat diri anda lebih baik terlebih dahulu. Orang yang percaya diri akan memberi inspirasi kepemimpinan. Kunci kesuksesan adalah motivasi diri, pemikiran dan pelaksanaan. Bekerjalah dengan cerdik bukan bekerja dengan keras.

10. Pemimpin Memberikan KEKUATAN INSPIRASI. Pemimpin mengerti tujuan dan hasil akhirnya. Kebanyakan pemimpin tidak memasuki ruangan tetapi ia mengisi dan menguasasi ruangan yang dimasukinya. Untuk itu diperlukan adanya semangat, dan semangat memerlukan adanya suatu keberanian. Dengan semangat akan mengubah masalah menjadi tantangan, semangat akan menciptakan semangat pada diri orang lain, semangat akan menghilangkan kecemasan dan ketegangan.

Untuk meraih kesuksesan diperlukan 5 D: desire – mempunyai kebulatan tekad, dedication – mempunyai jiwa pengabdian yang tinggi, dicipline - mempunyai disiplin yang tinggi, drive – mempunyai gairah dan semangat. Yang harus dihindari adalah D yang keenam yaitu distraction – penyimpangan, pengrusakan, penghancuran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar