Selasa, April 7

Merawat Koleksi Tas

doneman, Indonesian business woman, online business tips, online business for womane

Tas merupakan salah satu aksesori penampilan yang penting bagi wanita. Secara tidak langsung tas menunjukan karakter pemiliknya sekaligus prestise tersendiri.

Memiliki tas berkualitas dengan bentuk yang sedang tren dengan merk ternama sama halnya dengan berinvestasi. Semakin mahal harga tas, tentu semakin ektra dalam perawatannya. Apalagi jika tas-tas tersebut merupakan investasi berarti karena harganya yang selangit.

Berikut adalah tip merawat koleksi tas anda.

Merawat Tas Kulit

Kulit adalah bahan paling lentur, awet, dan berkualitas untuk dijadikan tas. Memiliki tas kulit yang mahal, bagus, dan berkualitas tentu saja jadi idaman para wanita. Untuk merawat tas kulit asli, Anda harus rajin membersihkannya dalam jangka waktu tertentu.

  • Semir tas kulit dengan semir sepatu krim warna netral setiap tiga-empat bulan sekali. Gunakan sikat halus. Mulailah menyemir dari bagian bawah tas untuk memastikan semir tak merusak warna tas. Setelah itu, sikat perlahan ke arah atas sesuai arah tekstur kulit.
  • Setahun sekali, bawa tas kulit Anda ke tukang reparasi tas untuk dibersihkan. Di Ibukota, banyak tempat reparasi berkualitas yang melayani perawatan dan perbaikan tas. Misalnya Laba-laba, Panca Laba, serta Shop’n Go.
  • Untuk tas suede yang terbuat dari kulit kambing yang disamak, perawatan bisa dilakukan dengan menyikatnya untuk menghindari bahannya mengeras dan terlihat kusam. Tas dari suede sebaiknya tak dibiarkan dalam keadaan lembab atau basah karena akan merusak tekstur kulitnya dan membuat suede tak lagi lembut.
  • Untuk membersihkan bagian dalam tas, gunakan penyedot debu kecil untuk menjangkau debu di bagian yang tersembunyi.
  • Simpan tas dengan memasukkannya ke dalam kotak. Sebelumnya, bungkus tas dengan kertas tisu bebas asam. Simpan dalam keadaan rebah di kotak tas.
  • Sesekali angin-anginkan tas agar tak berjamur

Merawat Tas Kain

Tas kain yang memiliki manik-manik dan ornamen mahal biasanya lebih sukar dibersihkan. Apalagi jika terkena noda.

  • Jangan membersihkan sendiri tas kain Anda karena bisa merusak warnanya. Bawalah ke tukang tas yang bisa membersihkan dengan tas.
  • Tas yang memiliki banyak ornamen harus disimpan dengan baik agar tidak copot atau hilang. Simpan tas dalam kantung khusus yang biasanya diberikan saat kita membeli tas.
  • Untuk menjaga bentuknya, isilah tas dengan serpihan kertas atau tisu. Simpan dalam keadaan berdiri atau gantunglah bersama kantung penyimpannya di lemari

Tas Dari Bahan Plastik

Tas plastik yang transparan dan trendi kini makin digemari. Modelnya yang seksi dan bentuknya yang beragam menarik hati untuk dikoleksi. Perawatannya tak sukar, asal rajin dan teliti untuk menjaga bahan plastiknya tetap cling.

  • Siapkan air yang ditetesi dengan sedikit sabun. Anda bisa memilih sabun apa saja yang biasa digunakan untuk keperluan rumah tangga, asalkan yang bermutu baik. Kemudian sekalah permukaan tas plastik dengan kain lap yang sudah dibasahi air sabun. Lalu bersihkanlah sisa sabun dengan lap yang masih kering. Keringkanlah tas dengan diangin-anginkan.
  • Anda dapat melakukan perawatan tambahan untuk membuat tas tampak seperti baru. Agar tetap mengkilat dan terlindungi, semprotkan permukaan tas dengan silicone wax. Bahan ini bisa dibeli di toko sepatu olahraga.

Tas Dari Bahan Jerami/Anyaman

Tas dari bahan jerami dan anyaman (straw handbag) yang muncul di era 70-an, juga tetap disuka. Warnanya yang ceria dan motif anyamannya yang beragam pas dikenakan dengan busana vintage yang romantis dan feminin.

  • Untuk membersihkan debu di antara jerami, gunakan penyedot debu (pilih yang ukuran kecil, biasa digunakan untuk membersihkan sofa) untuk menghilangkannya.
  • Supaya tampak mengkilat, bisa juga digunakan cairan pembersih untuk sepatu kets. Gunakan lap bersih untuk mengulasnya. Setelah itu, keringkan dengan cara digantung di tempat yang teduh.
  • Hindari mengeringkan tas jerami dari sinar matahari karena bisa membuatnya mengerut/mengecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar